Workshop Roadmap Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Dalam dunia akademis, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan dua pilar utama yang saling melengkapi. Penelitian menghasilkan pengetahuan baru dan inovasi, sementara pengabdian kepada masyarakat menerjemahkan temuan tersebut ke dalam solusi praktis untuk memperbaiki kondisi masyarakat. Untuk memastikan bahwa kegiatan ini berjalan secara efektif dan berkelanjutan, perencanaan yang matang, salah satu cara untuk melakukannya adalah melalui workshop roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam acara workshop ini Abdul Haris Kuspranoto sebagai ketua LPPM Polbitrada memerikan gambaran terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat kepada seluruh dosen Politeknik Bina Trada Semarang, fokus utamanya adalah untuk merumuskan langkah-langkah konkret yang akan diambil selama proyek berlangsung, serta menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang ingin dicapai.

Manfaat dari kegiatan ini bagi para dosen antara lain:

  1. Pemahaman yang Sama: Workshop membantu semua pihak terlibat memperoleh pemahaman yang sama tentang tujuan, ruang lingkup, dan harapan proyek.
  2. Perencanaan yang Terstruktur: Dengan memetakan langkah-langkah secara terperinci, workshop membantu dalam merancang perencanaan yang terstruktur, mengurangi risiko kebingungan atau kebingungan di masa depan.
  3. Identifikasi Tantangan dan Peluang: Diskusi kolaboratif dalam workshop memungkinkan para peserta untuk mengidentifikasi tantangan yang mungkin terjadi selama proyek dan mencari solusi yang sesuai. Selain itu, peluang baru juga dapat muncul selama proses tersebut.
  4. Keterlibatan Pemangku Kepentingan: Workshop menciptakan kesempatan bagi pemangku kepentingan untuk berpartisipasi aktif dalam merancang proyek, sehingga meningkatkan tingkat keterlibatan dan dukungan mereka.
  5. Pembentukan Jaringan: Selain itu, workshop juga merupakan platform untuk membangun jaringan antara para peneliti, praktisi, dan pemangku kepentingan lainnya, yang dapat berpotensi menghasilkan kolaborasi masa depan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *