Kuliah Umum dan Penandatanganan Mou POLBITRADA IKATEMI

Kuliah Umum: Peluang dan Tantangan Lulusan Elektromedis Kini dan Nanti

Pada tanggal 22 Mei 2024, diadakan kuliah umum dengan tema “Peluang dan Tantangan Lulusan Elektromedis Kini dan Nanti” diselenggarakan dengan meriah. Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, dosen, hingga praktisi di bidang teknik elektromedik. Kuliah umum ini diharapkan mampu memberikan wawasan yang mendalam tentang perkembangan dan tantangan yang dihadapi oleh lulusan elektromedis dalam era modern.

Sebelum acara dimulai, diadakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Politeknik Bina Trada Semarang dan Ikatan Alumni Teknik Elektromedik Indonesia (IKATEMI). Penandatanganan MoU ini bertujuan untuk mempererat kerjasama antara institusi pendidikan dengan para alumni yang telah berkecimpung di dunia kerja. Melalui kerjasama ini, diharapkan terjadi sinergi yang positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan lulusan yang siap menghadapi dunia kerja.

Kuliah umum kali ini menghadirkan Agus Komarudin, S.T., M.T., yang merupakan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IKATEMI, sebagai narasumber utama. Dalam paparannya, Agus Komarudin memberikan gambaran yang komprehensif mengenai berbagai peluang dan tantangan yang dihadapi oleh lulusan teknik elektromedis, baik di masa kini maupun di masa depan.

Peluang Lulusan Elektromedis

  1. Kemajuan Teknologi Kesehatan: Perkembangan teknologi di bidang kesehatan, seperti alat diagnostik yang semakin canggih dan teknologi telemedicine, membuka peluang besar bagi lulusan elektromedis. Mereka memiliki peran penting dalam pengembangan, pengoperasian, dan pemeliharaan peralatan medis.
  2. Permintaan Tenaga Ahli: Dengan meningkatnya kebutuhan akan layanan kesehatan yang berkualitas, permintaan akan tenaga ahli di bidang elektromedis juga meningkat. Rumah sakit, klinik, dan fasilitas kesehatan lainnya terus membutuhkan tenaga yang terampil dalam menangani peralatan medis.
  3. Inovasi dan Penelitian: Lulusan elektromedis memiliki peluang besar untuk terlibat dalam inovasi dan penelitian. Mereka dapat berkontribusi dalam pengembangan teknologi baru yang dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan.

Tantangan Lulusan Elektromedis

  1. Perkembangan Teknologi yang Pesat: Salah satu tantangan terbesar adalah mengikuti perkembangan teknologi yang sangat cepat. Lulusan elektromedis harus terus memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka agar tetap relevan.
  2. Regulasi dan Standar Keamanan: Bidang elektromedis sangat terkait dengan regulasi dan standar keamanan yang ketat. Lulusan harus memahami dan mematuhi berbagai peraturan untuk memastikan bahwa peralatan yang digunakan aman dan efektif.
  3. Kompetisi Global: Di era globalisasi, lulusan elektromedis tidak hanya bersaing dengan sesama lulusan dalam negeri, tetapi juga dengan tenaga kerja dari luar negeri. Oleh karena itu, kemampuan bahasa asing dan pemahaman terhadap standar internasional menjadi nilai tambah yang signifikan.

Penutup

Kuliah umum ini berhasil memberikan wawasan yang berharga bagi para peserta mengenai prospek dan tantangan yang dihadapi oleh lulusan elektromedis. Dengan adanya kerjasama antara institusi pendidikan dan IKATEMI, diharapkan kualitas pendidikan di bidang teknik elektromedis dapat terus ditingkatkan, sehingga lulusan yang dihasilkan mampu bersaing dan berkontribusi secara maksimal dalam dunia kerja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *