Pelaksanaan Webinar Pentingnya Kebijakan Plagiarisme

Kegiatan Webinar Pentingnya Kebijakan Plagiarisme yang dilaksanakan oleh Politeknik Bina Trada Semarang pada tanggal 19 Agustus 2021 dalam serangkaian kegiatan Dies Natalis Polbitrada ke-5 bukti bahwa Politeknik Bina Trada merupakan salah satu kegiatan dalam membangun budaya akademik dan menerapkan pentingnya kebijakan plagiarism dalam menerbitkan karya tulis ilmiah dan penelitian bagi civitas akademika. Peserta webinar tersebar dari berbagai daerah di Indonesia, seperti NTT, NTB, Bali, Surakarta, Tegal, Yogyakarta, Magelang, Semarang dan Kalimantan. Para peserta berasal dari akademisi, dosen, mahasiswa dan umum. Webinar ini menghadirkan Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si. sebagai salah satu narasumber pada webinar tersebut. Dalam webinar ini Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si. menekankan bagaimana pentingnya integritas penelitian yang meliputi fabrikasi, falsifikasi dan plagiat. Dijelaskan bahwa penerapan integritas penelitian tidak hanya dilakukan oleh perguruan tinggi, melainkan juga dilakukan negara dan asosiasi profesi internasional. Pada kesempatan tersebut Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si. juga menekankan kembali bahwa integritas bukan ilmu, melainkan “ngelmu” yang artinya tidak hanya mencakup mengenai teori saja melainkan juga harus diwujudkan dalam tindakan. Dikutip oleh UniSA (2021), integritas meliputi Honesty (kejujuran), Trust (kepercayaan), Respect (menghormati), Responsibilty (tanggung jawab), Fairnes (keadilan) dan Courage (nyali). Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si. menilai saat ini plagiarism di Indonesia masih sering terjadi, baik itu pada penelitian dan karya tulis ilmiah sehingga perlu sedari dini menerapkan kebijakan pentingnya plagiarism, khususnya di perguruan tinggi.

Pada kesempatan kedua, webinar menghadirkan Sugeng Priyanto, S.S., M.IP dari UNDIP. Beliau merupakan pustakawan UPT Perpustakaan UNDIP yang sejak tahun 2007 sudah berkecimpung di bidang plagiarism. Pada materi ini, beliau menjelaskan secara teknis bagaimana penggunaan aplikasi Turnitin dalam uji plagiarisme secara online di perguruan tinggi. Saat ini uji plagiiarisme sudah menggunakan aplikasi Turnitin sebagai salah satu upaya untuk menghasilkan penelitian dan karya tulis ilmiah yang bermutu. Pada kenyataannya, saat ini masih sering terjadi kesamaan (similarity) penulisan karya tulis ilmiah dengan penelitian lain, sehingga ketika di uji menggunakan aplikasi Turnitin nilai kesamaan masih tinggi.

Pada kesempatan lain, Plt. Direktur Politeknik Bina Trada Semarang, Dr. dr. Awal Prasetyo, M.Kes., Sp.THT-KL.  menekankan kepada Civitas Akademika Politeknik Bina Trada Semarang agar memiliki integritas dalam menghasilkan penelitian dan karya ilmiah. Untuk itu bagi bagi peserta webinar kali ini dapat melakukan uji Turnitin anti plagiarism di Politeknik Bina Trada Semarang secara gratis. Harapannya para peserta mengetahui tingkat similarity pada penelitian atau karya tulis ilmiah yang dihasilkan, sehingga dapat menghasilkan penelitian atau karya tulis ilmiah yang bermutu dan berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

polbitrada